Tips Menjawab Pertanyaan Motivasi Kerja Saat Wawancara, Awas Salah Bicara!

Posted on

beritahu.info, Jakarta Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan pelamar kerja saat melakukan wawancara atau wawancara kerja. Selain berkas lamaran, jawaban saat HRD (departemen sumber daya manusia) perusahaan mengajukan pertanyaan juga perlu dipersiapkan dengan matang.

Hal ini dianggap penting dan mempengaruhi keberhasilan pelamar untuk diterima bekerja di suatu perusahaan. Banyak sekali pertanyaan yang akan ditanyakan oleh HRD, salah satu pertanyaan yang pasti akan ditanyakan HRD adalah motivasi kerja.

Baca Juga

Di setiap perusahaan, saat wawancara kerja, baik HRD maupun pengguna pasti akan bertanya apa motivasi Anda melamar suatu posisi. Ternyata, ada tips jitu untuk menjawab pertanyaan seputar motivasi kerja saat wawancara. Hal ini untuk menghindari pelamar menjawab salah dan membuat pewawancara tidak terkesan.

Dikutip dari KitaLulus, berikut beberapa contoh jawaban atas pertanyaan motivasi kerja yang bisa disampaikan pelamar kerja:

1. Karena Budaya Perusahaan

Jawaban atas pertanyaan motivasi kerja pertama yang bisa Anda katakan adalah karena budaya perusahaan. Namun, Anda hanya bisa memberikan jawaban ini jika sudah pernah meneliti perusahaan tersebut sebelumnya, ya!

Anda bisa menonjolkan hal-hal baik dari perusahaan seperti budaya kerja yang seperti keluarga, work-life balance, team work yang baik, dan sejenisnya.

2. Karena Ingin Mencari Ilmu dan Pengalaman Baru

Jawaban ini cocok jika Anda adalah fresh graduate dengan pengalaman kerja yang minim. Karena Anda belum memiliki banyak pengalaman, Anda dapat menunjukkan kerendahan hati dengan mengakui bahwa Anda harus banyak belajar. Semoga dengan bekerja di perusahaan ini dapat memberikan banyak ilmu baru.

3. Karena Saya Suka Tantangan

Selain rendah hati, HRD juga menyukai individu yang mau bekerja keras dan menyukai tantangan, lho! Untuk memperkuat jawaban atas pertanyaan motivasi kerja yang satu ini, Anda bisa menambahkan alasan seperti berikut ini:

Saya suka tantangan karena…

Saya adalah tipe orang yang mudah penasaran ketika menghadapi masalah, dan saya juga suka mempelajari hal-hal baru. Perusahaan ini sudah memiliki banyak alumni yang berhasil menjadi pendiri startup, semoga saya bisa belajar dari perusahaan ini. Menurut saya, tanpa tantangan kita tidak akan bisa berkembang. Saat ini persaingan bisnis sangat dinamis dan penuh tantangan, sehingga kita harus siap menghadapinya.‍

Jawaban atas pertanyaan motivasi kerja ini hanya cocok jika Anda sudah memiliki keterampilan dan pengalaman yang relevan dengan lamaran pekerjaan Anda!

Selain itu, jangan lupa sertakan alasan mengapa Anda ingin membuktikan diri di perusahaan ini, misalnya karena Anda berharap prestasi di tempat sebelumnya dapat terulang di perusahaan yang baru.

5. Karena Tertarik dengan Visi dan Misi Perusahaan

Jika Anda menunjukkan simpati terhadap visi dan misi perusahaan, HRD akan terkesan dengan ketulusan Anda dan merasa yakin bahwa Anda akan menjadi orang yang setia. Tapi sekali lagi, jangan lupa untuk belajar tentang perusahaan sebelum wawancara!

6. Karena Tertarik dengan Program yang Diselenggarakan Perusahaan

Misalnya, perusahaan X memiliki program CSR berupa pemberian beasiswa kepada warga desa. Saat menjawab pertanyaan motivasi kerja, Anda bisa menggunakan alasan tertarik dengan program perusahaan seperti CSR, balai kota, atau bahkan jalan-jalan atau jalan-jalan.

7. Karena ingin maju/belajar dari posisi yang dilamar

Terakhir dan menurut KitaLulus, inilah jawaban atas pertanyaan motivasi kerja terbaik. Bagi anda yang belum memiliki prestasi, terlebih dahulu anda dapat menonjolkan prestasi pada divisi posisi yang anda lamar. Setelah itu, Anda dapat mengatakan bahwa Anda ingin belajar langsung tentang bagaimana mencapai prestasi dengan bergabung dengan divisi yang bersangkutan.

Namun, jika divisi memiliki hal-hal yang perlu ditingkatkan, Anda dapat mengatakan bahwa Anda ingin membantu tim meningkatkan hal-hal tersebut.

Ada beberapa hal yang memang harus kami diskusikan saat menjawab pertanyaan HRD atau user mengenai hal-hal yang memotivasi kami untuk bekerja.

Simak 11 tips berikut untuk memahami cara menjawab pertanyaan motivasi kerja HRD nanti.

1. Realistis

Pertanyaan motivasi kerja saat wawancara biasanya berkaitan dengan pandangan tentang diri Anda di masa depan. Jadi, tidak masalah untuk menceritakan apa rencana Anda nantinya.

Namun, jawabannya harus tetap realistis ya. Jika Anda masih fresh graduate tetapi kemudian memiliki perspektif 5 tahun dari sekarang menjadi direktur, tentu tidak sesuai dengan kemampuan Anda.

2. Optimis

Motivasi kerja akan selalu berkaitan dengan tujuan yang ingin dicapai dalam divisi tersebut. Jadi, Anda harus menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang optimis sehingga indeks kinerja utama yang akan Anda hadapi akan tercapai sesuai dengan kebijakan divisi perusahaan.

3. Jujur

Bila lolos ke tahap wawancara, berarti Anda adalah calon terpilih dari ratusan hingga ribuan orang. Jadi, biasanya tidak terlalu banyak calon yang lolos ke tahap ini sehingga HRD bisa melakukan cross check terhadap data yang Anda ajukan saat seleksi administrasi.

Jadi, pastikan jawaban Anda jujur, baik dari pencapaian yang Anda gambarkan maupun pengalaman kerja. Sebab, motivasi kerja menjadi salah satu tolak ukur untuk menilai seberapa kompeten Anda dalam melakukan sesuatu.

4. Berhubungan Menurut Pengalaman

Terkadang jurusan tidak menentukan pilihan karir di masa depan. Jika Anda juga berada di posisi ini, Anda bisa membuktikannya dengan pengalaman yang pernah Anda jalani.

5. Jangan terjebak di zona nyaman Anda

Pengusaha akan senang dengan kandidat yang menyukai tantangan. Jadi, membuktikan bahwa Anda adalah orang yang tidak hanya terjebak dari zona nyaman Anda akan menjadi pointpluster Anda sendiri.

6. Relevan dengan posisi yang dilamar

Jika Anda melamar posisi pemasaran, Anda tidak perlu menjelaskan pengalaman Anda di bidang keuangan. Jelaskan hal-hal yang berhubungan dengan posisi yang Anda lamar.

7. Positif

Tips menjawab wawancara yang satu ini hanya bisa dilakukan jika sudah melakukan penelitian dan observasi pada perusahaan tersebut. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui perusahaan apa yang Anda lamar dan apa saja kelebihannya.

Dengan mengetahui keunggulan pesaing, Anda dapat dengan mudah memberikan kalimat pujian.

8. Sesuai dengan Visi dan Misi Perusahaan

Masih terkait dengan perusahaan, Anda bisa mengetahui apa itu visi dan misi perusahaan. Dengan mengetahui hal tersebut, Anda dapat menjelaskan apa yang ingin Anda capai untuk memajukan perusahaan sesuai dengan nilai-nilai yang diterapkan.

9. Buktikan Kata-kata Anda

Anda dapat memberikan bukti nyata tentang apa yang memotivasi Anda di tempat kerja. Misalnya, ketika Anda tidak memahami tugas yang diberikan, Anda dapat belajar dari rekan kerja atau bahkan membaca jurnal terkait. Jangan lupa untuk memberikan contoh berdasarkan pengalaman.

10. Tenang dan Percaya Diri

Tips paling penting untuk menjawab pertanyaan motivasi kerja saat wawancara adalah tenang dan percaya diri. Tanpa dua hal ini, meskipun Anda memiliki banyak pengalaman, Anda tidak akan membuat kesan yang baik di depan HRD atau pengguna karena mereka dapat membaca gerakan Anda yang tidak percaya diri dan gugup.

11. Memahami Budaya Perusahaan

Budaya perusahaan merupakan faktor utama dalam memotivasi karyawan untuk bekerja. Sekarang, menjawab pertanyaan motivasi kerja selama wawancara dapat dikaitkan dengan budaya perusahaan.

Jika Anda belum memiliki gambaran tentang budaya kerja di perusahaan yang Anda lamar, Anda bisa menjelaskan budaya kerja yang bisa membuat Anda bersemangat dalam bekerja. Dengan cara ini, pewawancara tahu lingkungan seperti apa yang membuat Anda nyaman.

12. Sesuaikan dengan Rencana Jangka Panjang

Tips menjawab motivasi kerja saat wawancara selanjutnya adalah menyelaraskan dengan rencana jangka panjang Anda. Rencana ini tentunya terkait dengan posisi yang Anda lamar. Dengan begitu, pewawancara tahu bahkan Anda adalah orang yang memiliki pandangan ke depan yang terstruktur.

13. Menjawab dengan Antusias

Jawab pertanyaan dengan antusias. Perusahaan akan selalu menyukai seseorang yang bersemangat dalam melakukan suatu pekerjaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *